PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT PADA IKAN LELE

PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN SECARA UMUM

Meski tidak begitu besar kerugian akibat hama, tetapi adanya hama tetap harus dicegah. Ada beberapa cara untuk mencegah hadirnya hama, di antaranya yaitu :
1) kolam dikeringkan sampai tanah dasarnya retak-retak,
2) dilakukan pengapuran saat persiapan kolam,
3) pada pintu pemasukan air dipasang saringan.

Adapun cara mencegah serangan penyakit dapat dengan beberapa cara, di antaranya yaitu
1) mengeringkan kolam untuk memotong siklus hidup penyakit,
2) melakukan pengapuran saat persiapan kolam agar penyebab penyakit bisa mati,
3) menjaga kondisi ikan agar tetap sehat dan tidak stress,
4) menjaga kondisi lingkungan hidup agar sesuai kebutuhan ikan
5) mengurangi kepadatan ikan untuk mencegah kontak langsung antar-ikan, menghindari terjadinya penurunan kadar oksigen dalam air, serta mengikatnya kadar NH3,
6) memberi pakan tambahan yang cukup, tetapi tidak berlebihan
7) mencegah terjadinya luka pada tubuh ikan dengan penanganan yang baik,
8) mencegah masuknya binatang pembawa penyakit, seperti burung, siput, dan lain-lain.

CARA PENGOBATAN 
Melalui air kolam, Cara ini dilakukan dengan mencampurkan obat pada air kolam yang berisi ikan yang sakit. Namun, sebelum ditebarkan, volume air kolam harus diketahui dahulu agar dosis obat yang diberikan sesuai dengan anjuran. 
Melalui perendaman, Dalam perendaman, ikan yang sakit harus dipanen dahulu, kemudian direndam dalam larutan obat dengan dosis sesuai anjuran. 
Melalui makanan, Pengobatan melalui makanan atau sistem oral dilakukan dengan memberi pakan yang sudah diberi obat tertentu pada ikan yang sakit. 
Melalui ikan langsung, Pengobatan langsung pada ikan yang sakit dilakukan dengan cara mengolesi obat pada tubuh ikan, terutama tubuh bagian luar, seperti sisik, kepala, atau mata. 


PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN SECARA KHUSUS
1. Hama
a. Notonecta
Notonecta sangat menyenangi perairan yang banyak mengandung bahan organik dan terdapat tanaman air yang membusuk. Binatang ini biasa bergerak turun naik ke permukaan air untuk mengambil oksigen dari udara. Apabila perairan yang ditempati kurang cocok, binatang ini akan berpindah ke kolam lain dengan cara terbang.
Oleh karena bisa terbang maka sampai saat ini pencegahan notonecta masih sulit dilakukan. Cara terbaik yang dilakukan yaitu dengan mengurangi jumlahnya. Caranya dengan mengurangi kandungan bahan organik di kolam dan membuang tanaman air yang ada. Jika populasi hama ini sangat banyak maka dilakukan pemberantasan dengan cara menyiram minyak tanah sebanyak 5 1/1000 m2 air kolam.

2. Penyakit
a. Jamur
Bentuk tubuh Achlya mirip dengan Saprolegnia, tetapi jumlah sporanya lebih banyak dan bercabang-cabang sehingga bila serangannya parah, benang tersebut tampak lebih banyak dan padat dibandingkan Saprolegnia.
Timbulnya penyakit jamur dapat disebabkan oleh penanganan ikan yang kurang baik. Di samping itu, kurangnya pakan, suhu air dan kandungan oksigen yang rendah, kualitas telur yang kurang baik, serta kepadatan telur yang terlalu tinggi juga dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit ini.
Penyakit jamur dapat dicegah dengan beberapa cara, di antaranya dengan menjaga kualitas air agar tetap baik, menangani ikan atau telur dengan baik, memberi pakan tambahan yang cukup, dan tidak menebarkan telur yang terlalu padat. Apabila telah terjadi serangan, pengobatan dapat dilakukan dengan cara merendam ikan atau telur dalam malachitgreen 1 mg/1 selama 1 jam atau larutan Nad 5 g/1 selama 15 menit.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger