Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Pelaku Utama Perikanan di Kabupaten Karawang

Berlandaskan semangat membangun perikanan, Sekolah Tinggi Perikanan Khususnya Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor kembali menempatkan sebanyak 80 orang Taruna semester IV di Kabupaten Karawang yang disebar di 28 Desa yang terletak 7 Kecamatan. Kali ini para STP Jurusan Penyuluhan Perikanan melaksanakan praktek Teaching Factory (TEFA) penumbuhan dan pengembangan kelompok pelaku utama perikanan dengan output sebanyak 80 Profil kelompok di 7 Kecamatan dengan perkiraan masing-masing taruna menyusun 1 Profil Kelompok. hal ini berbeda dengan penyelenggaraan TEFA taruna semester VI yang menitikberatkan pada Penyusunan Programa Penyuluhan Perikanan tingkat Desa hingga Kabupaten.
Penyelenggaraan TEFA Penumbuhan dan Pengenbangan Kelompok Pelaku Utama Perikanan diselenggarakan selama 2 pekan yang dimulai pada tanggal 14 Mei 2014 sampai dengan 30 Mei 2014. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama STP Jurusan Penyuluhan Perikanan dan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Karawang dan dukungan program dari Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan.
Setelah berlangsung 2 (dua) pekan, Sebagai bahan Evaluasi dan palporan penyelenggaraan Praktek TEFA dilaksanakan Lokakarya Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok di Aula Badan pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP4K) Karawang. Lokakarya tersebut dilaksanakan pada Hari Jum'at 30 Mei 2014. Acara dihadiri oleh Ketua BP4K Karawang beserta Sekretaris dan Kabid, Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan STP, Ketua Program Studi Penyuluhan Perikanan STP, Dosen STP Jurusan Penyuluhan Perikanan, dan Penyuluh Perikanan, serta mengahdirkan para kelompok yang dikukuhkan menjadi kelompok baik kelas Pemula maupun kelompok yang Kelas Kemampuannya naik menjadi Madya.
Acara diwali dengan Pemaparan Profil Masing-masing Kelompok yang telah disusun oleh taruna. Pemaparan dilaksanakan berdasarkan kecamatan, masing-masing kecamatan diwakili oleh 1 (satu) orang taruna. Profil Kelompok yang dipresentasikan antara lain; Kecamatan Cibuaya, Cilamaya Kulon, Cilamaya Wetan, Banyusari, Klari, Ciampel, dan Telukjambe Timur. Setelah presentasi selesai acara dilanjutkan dengan Penyerahan Profil Kelompok dari 7 Kecamatan dari masing-masing taruna perwakilan kecamatan kepada Kepala BP4K Karawang.
Berikutnya, Pengukuhan kenaikan Kelas Kemampuan Kelompok dilaksanakan dengan Pembacaan Berita Acara Pengukuhan Kelompok Pelaku Utama Perikanan di Wilayah Kabupaten Karawang oleh Sekretaris BP4K Karawang. Kegiatan ini dirangkaikan dengan Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama antara STP Jurusan Penyuluhan Perikanan dengan BP4K Karawang dalam bidang penyelenggaraan pendidikan penyuluhan khususnya pembelajarana di lapangan bagi taruna-taruni STP Jurusan Penyuluhan Perikanan.
Acara dilanjutkan dengan Sambutan dan arahan dari kedua instansi, diawali oleh Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan. Beliau menuturkan terima kasih kepada pemerintah daerah karawang karena sudah difasilitasi dan telah membimbing para taruna selama menyelenggarakan praktek TEFA. Selanjutnya Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Karawang menyampaikan apresiasi kepada STP Jurusan Penyuluhan Perikanan karena telah menempatkan taruna ke Praktek di karawang sehingga bisa membantu Pemerintah Daerah Karawang dalam penumbuhan dan pnegembangan Kelompok Pelaku Utama Perikanan. Acara diakhiri dengan Do’a bersama dan ramah tamah antara Pegawai BP4K Karawang dengan Sivitas Akademik STP Jurusan Penyuluhan Perikanan.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger