Pusluh Rekrut Lulusan STP Jadi Penyuluh Bantu

Sudah lebih dari sepekan, Sekolah Tinggi Perikanan telah melantik wisudawan sebanyak 315 orang lulusan yang terdiri dari 6 program studi. Program Studi Penyuluhan Perikanan merupakan salah satu diantara 6 program studi tersebut, dengan meluluskan sebanyak 38 orang taruna yang berasal dari penjuru nusantara.
Pada dasarnya lulusan Program Studi Penyuluhan Perikanan yang berjumlah 38 orang tersebut terserap secara keseluruhan di dunia kerja  dengan rincian 8 orang yang langsung bekerja di PT. Central Proteina Prima (PT CPP) ditempatkan di LampungSelebihnyasebanyak 30 orang para lulusan Prodi Penyuluhan Perikanan direkrut oleh Kementarian Kelautan dan Perikanan melalui Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan untuk menjadi Penyuluh Perikanan Bantu.
Penyuluh Perikanan Tenaga Bantu merupakan perubahan nama dari Penyuluh Perikanan Kontrak. Nama tersebut digunakan karena telah dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 62 tahun 2014  tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Pelatihan, dan Penyuluhan Perikanan. Hal ini tertuang pada Pasal 42 ayat (2) bahwa: “Untuk memenuhi kebutuhan tenaga penyuluh sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Pemerintah atau Pemerintah Daerah dapat mengangkat penyuluh perikanan kehormatan dan/atau penyuluh perikanan bantu.
Selain itu, para lulusan Prodi Penyuluhan Perikanan Sekolah Tinggi Perikanan direkrut berdasarkan kompetensi akademik yang dimilikinya yakni Penyuluhan Perikanan. karena salah satu syarat untuk menjadi Penyuluh Perikanan Bantu adalah memiliki kualifikasi akademik. Dan Para Penyuluh Perikanan Bantu tersebut ditempatkan di daerah asal masing-masing dalam rangka pengembangan bidang kelautan dan perikanan di wilayah masing-masing.
Sebelum diterjunkan ke lapangan, kamis, 11 september 2014 kemarin sebanyak 30 orang penyuluh perikanan bantu tersebut diberi pembekalan oleh Pusat Penyuluhan Perikanan di Kampus Penyuluhan Perikanan. pada kesempatan tersebut, Pembekalan disampaikan langsung oleh Kepala Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Dr. Rina, M.Si. dan didampingi oleh Kepala Sub Bidang Ketenagaan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan. Beliau menyampaikan materi terakit dengan Kebijakan Pusat Penyuluhan Perikanan dan Tugas Pokok serta peraturan perundang-undangan terkait dengan Penyuluhan Perikanan. Selain itu, materi terkait dengan pedoman kerja penyuluh perikanan bantu secara teknis juga disampaikan pada pembekalan tersebut. Selain diikuti oleh lulusan, pembekalan juga dihadiri oleh 12 orang Penyuluh perikanan yang sedang melanjutkan Pendidikan Alih Program dari Diploma 3 ke Diploma 4 di STP Jurusan Penyuluhan Perikanan

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger