KKP Imbau Pembudidaya Benih Lepas Sebagian Hasil ke Alam

ACEH - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan kebijakan restocking mengimbau kepada para pembudidaya benih untuk melepaskan sebagian hasilnya ke alam.

Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengatakan, pihaknya sudah menerapkan kebijakan tersebut di setiap balai perikanan budidaya milik kementerian.

Sementara, kata dia, untuk pembudidaya benih di luar kementerian masih dirancang peraturan menterinya. "Kita sedang rancang Permen pembenih udang ikan atau apa saja untuk bisa memberikan hasilnya atau me-restocking ke alam 1% atau 2%," ujarnya di Bali, Sabtu (16/4/2016).

Slamet mencontohkan, para pembudidaya benih perikanan di Negeri Sakura merilis hasil budidayanya ke alam agar bisa menjaga stok tetap tersedia.

"Karena, di Jepang pembenih udang merilis ke alam, anggap saja ini sedekah dari hasil jerih payah kita. Saya kira ini pekerjaan sangat mulia kita nebar ke alam siapa yang tangkap dan yang tangkap enggak tahu siapa yang nebar," katanya.

Menurutnya, jika kegiatan tersebut ke depannya akan menjadi kebiasaan bagi para pembenih maka akan memberikan dampak baik ke stok perikanan nasional. "Kalau jadi satu kebiasaan akan nambah amal ke kita asal dikerjakan dengan sebaik baiknya," pungkas dia. 

Sumber: http://ekbis.sindonews.com/read/1101557/34/kkp-imbau-pembudidaya-benih-lepas-sebagian-hasil-ke-alam-1460783641
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger