Genetika dalam Perspektif Penyuluhan Perikanan

Dewasa ini kegiatan penyuluhan perikanan sangatlah dibutuhkan oleh para pelaku utama perikanan. Kegiatan penyuluhan perikanan pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan nasional, terutama penyuluhan budidaya yang saat ini menjadi alternatif selain pengolahan hasil untuk mengimbangi produksi ikan nasional karena menurunnya produksi ikan dari sektor penangkapan.
Sejalan dengan hal  tersebut maka pada hari jumat, 5 desember 2014 bertempat di aula sekolah tinggi perikanan jurusan penyuluhan perikanan mengadakan kuliah umum yang berjudul “Genetika Dalam Perspektif Penyuluhan Perikanan” dengan narasumber yaitu Dr. Wartono Hadit. Kuliah umum tersebut berlangsung selama 2 jam mulai dari pukul 8.00 -  10.00 WIB.
Dalam kuliah umum tersebut disampaikan bahwa seorang penyuluh sebagai sumber informasi dan inovasi bidang perikanan harus dibekali dengan pengetahuan genetika ikan terutama bagi penyuluh perikanan budidaya yang harus memberikan pengetahuan keppada para pembudidaya akan komoditas - komoditas yang unggul dari segi genetik yang memiliki prosfek bagus untuk dibudidayakan tetapi masih tetap harus mengacu pada kerangka tindak yaitu UU No 16 Tahun 2006 sebagai landasan pelaksanaan Kegiatan penyuluhan peerikanan, dan juga UU No. 30 tahun 2004 sebagai acuan perikanan.
Dalam kuliah umum tersebut disampaikan bahwa dalam membudidayakan ikan masyarakat harus menggunakan benih yang unggul yang didapatkan dari Balai Benih Resmi yang telah melalui penelitian sebelumnya sehingga kualitas genetiknya teruji dan kulaitasnya unggul. Benih yang unggul tersebut bisa didapatkan dengan beberapa upaya rekayasa genetika sehingga tenaga penyuluh harus disertai dengan pengetahuan rekayasa genetika supaya dapat menyampaikan dan menerapkannya pada sasaran penyuluhan.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger