Alih Teknologi Olahan Ikan Nila sebagai Edukasi kepada Pengolah Ikan


 Ikan Nila adalah salah satu ikan air tawar yang banyak dibudidayakan dan sangat familiar dikalangan masyarakat karena lezat, serta memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu mengurangi berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, mempercepat perbaikan dan pertumbuhan seluruh tubuh, membangun tulang yang kuat, mengurangi resiko berbagai penyakit kronis dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan nilai gizi ikan nila yang tidak kalah pentingnya dengan daging hewan darat lainnya.

Dalam rangka pemenuhan konsumsi ikan nila pada masyarakat ikan nila tidak hanya dapat dikonsumsi dalam bentuk segar namun dalam olahan pun dapat dibuat dalam berbagai diversifikasi seperti bakso, nugget, siomay, otak-otak. Diversifikasi olahan ikan nila bukan hanya dapat menghilangkan rasa bosan masyarakat dalam mengkonsumsi ikan nila juga menambah nilai ekonomis sehingga dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan baik skala rumah tangga ataupun skala industri besar.
Alasan itulah yang mendasari STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan menjadikan ikan nila sebagai bahan baku dalam membuat diversifikasi olahan hasil perikanan. Kegiatan pengolahan ikan nila yang selanjutnya di”transfer” kepada masyarakat dalam bentuk edukasi. Kegiatan yang dilaksanakan oleh STP Jurusan Penyuluhan Perikanan dalam rangka pengabdian masyarakat salah satunya adalah dengan Demonstrasi Cara Pengolahan Ikan nila.
Kegiatan pengabdian masyarakat yaitu Demonstrasi Cara Pengolahan Ikan nila tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 4 Desember  2014 bertempat Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Nampak hadir sebagai peserta yaitu POKLAHSAR Sakinah yang terdiri dari ibu-ibu yang bergabung dalam kelompok pengolah dan pemasar perikanan.  dengan kedatangan STP Jurusan  Penyuluhan Perikanan disambut baik oleh pimpinan pondok pesantren Nurul huda dan ibu-ibu POKLAHSAR serta mengutarakan kegembiraannya karena Kecamatan Cijeruk sebagai salah satu sasaran kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh STP Jurusan Penyuluhan Perikanan.
Kegiatan dilanjutkan dengan Demonstrasi Cara Pengolahan Hasil Perikanan. Staff Pengajar, Penyuluh, dan Taruna STP Jurluhkan menjadi demonstrator dan pembawa materi, hal ini sebagai bentuk kegiatan penyuluhan dan bagi bagi para taruna dimaksudkan sebagai pembelajaran dalam berinteraksi dengan masyarakat. Beberapa materi yang disampaikan adalah Pengolahan Nugget, Pengolahan Bakso, Pengolahan Otak-otak yang semuanya berbahan dasar Ikan nila.
Alasan pemlihan materi Nugget, Pengolahan Bakso, dan Pengolahan Otak-otak karena produk-produk tersebut merupakan produk olahan perikanan yang cukup digemari oleh masyarakat dan merupakan terobosan baru dalam dunia perikanan. Selain cara pembuatannya yang sederhana dan merupakan olahan ikan yang praktis disiapkan terutama untuk anak-anak dengan berbagai bentuk yang menarik. Selain itu juga dalam pembuatan difersifikasi olahan ikan tidak memakai bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi.
Dalam acara tersebut, para peserta ibu-ibu kelompok POKLAHSAR begitu antusias dalam menyimak materi serta ikut berpartisipasi langsung membantu demonstrator membuat olahan ikan nila baik olahan bakso, nugget, dan otak-otak. Dengan demikian menjadi sebuah indikator bahwa kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat dan diharapkan bisa menjadi salah satu alternative bagi ibu-ibu POKLAHSAR dalam mengembangkan usahanya serta masyarakat dalam meningkatkan pendapatan dengan peningkatan nilai tambah melalui diversifikasi produk olahan hasil perikanan.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger