Jurluhkan Tebar 40.000 ekor Nila Hitam di Situ Citatah

Air adalah sumber kehidupan dan penghidupan (Omne Vivum Eks Aquatis), pepatah tersebut memperingatkan kepada kita agar selalu menjaga sumberdaya perairan sebagai upaya menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup termasuk kita manusia didalamnya.
Restocking ikan adalah salah satu upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum, pada perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stock akibat  tingkat pemanfaatan yang berlebihan. Tujuan restocking selain menambah stock ikan agar dapat dipanen sebagai ikan konsumsi, juga bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Keberadaan ikan pada suatu perairan akan memberikan manfaat baik bagi ekositem pada perairan tersebut maupun bagi manusia sebagai bahan pangan. 
Kegiatan konservasi keanekaragaman hayati (KEHATI)  melalui restocking ikan  ini untuk menyadarkan  masyarakat agar keberadaan ikan yang hidup diperairan tersebut tetap lestari.  Kegiatan konservasi bukan hanya melindungi ikan saja tetapi juga pemanfaatan yang berkelanjutan, artinya ikan yang boleh ditangkap untuk dikonsumsi adalah ikan ukuran konsumsi saja, sedangkan benih-benih dan induk ikan yang tertangkap harus dikembalikan lagi ke perairan tersebut, dengan harapan  memberi kesempatan pada ikan untuk tumbuh dan berkembang.
Keterlibatan masyarakat dalam kegiatan KEHATI ini sangat diperlukan, oleh karena itu Unit Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat (UPPM) STP JURLUHKAN  Bogor berkerja sama dengan masyarakat, serta  pihak terkait melakukan   penyuluhan  untuk menyadarkan  masyarakat  tentang arti pentingnya konservasi sumberdaya ikan.
Kegiatan  restocking yang dilakukan pada tanggal 14 agustus 2014, berlokasi di Situ Citatah Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang dihadiri oleh Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan STP, Ketua UPPM Jurusan Penyuluhan Perikanan STP, Camat Cibinong, Sekretaris Camat, Kepala BP3K Kecamatan Cibinong, pengelola Situ, masyarakat sekitar Situ, Dosen/Pegawai dan Taruna STP Jurluhkan.
Kegiatan Diawali dengan Sambutan Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan, beliau menuturkan bahwa kegiatan Restocking merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Perikanan Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor sebagai sebuah perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan itu, diharapkan mampu menjadi salah satu kegiatan pembinaan kepada masyarakat perikanan.
Selanjutnya, Camat Cibinong menyambut dengan baik penyelenggaraan kegiatan restocking karena STP Jurusan Penyuluhan Perikanan telah memilih Cibinong sebagai salah satu sasaran pengabdian dan pembinaan kepada masyarakat, dan berharap kegiatan semacamnya bisa dilaksanakan secara kontinyu. Beliau juga berharap agar ada kerjasama antara STP Jurluhkan, BP3K Cibinong dan Perangkat Kecamatan dalam membina masyarakat khususnya bidang perikanan serta membantu masyarakat secara teknis untuk memanfaatkan lahan-lahan dalam kegiatan budidaya.
Acara berikutnya adalah penyerahan Ikan Nila sebanyak 40.000 ekor dari Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor kepada Camat Cibinong. Selanjutnya ikan ditebar di situ bersama-sama dengan peserta.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger