Observation Study Tour di Posdaya

Sebagai realisasi tugas dari Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian Masyarakat dan upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia serta dalam upaya memberikan manfaat bagi orang lain, sejumlah dosen dari 7 perguruan tinggi yang ada di Indonesia yaitu, STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor, Untag Surabaya, STAI Muaro Bungo Jambi, Universitas AlKhaerat Palu, Universitas Tadulako Palu, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Trilogi Jakarta mengikuti kegiatan Observasi Study Tour (OST) dan Pelatihan Posdaya Angkatan 76. Pelatihan dilaksanakan dari tanggal 20 – 23 Oktober 2014, bertempat di gedung  Siti Padmirah Silver College atau Haryono Suyono Center dan berkunjung ke beberapa Posdaya yang berada di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.
 
Pelatihan di awali dengan pembukaan oleh Ibu Astuty Haryono Suyono,  dan  materi Posdaya di sampaikan oleh para penggiat Posdaya di antaranya  Prof.Dr.Haryono Suyono, ketua yayasan Damandiri, Dr. Mazwar Noerdin, Deputi Kewirausahaan Damandiri  dan sejumlah ahli dalam bidang kegiatannya masing-masing, materi di sampaikan dalam  8 sesi terdiri dari :
sesi 1, Filosofi Pos Pemberdayaan Keluarga,
sesi 2, Posdaya MDG’s dan indikator keberhasilannya 
sesi 3,  Membangun Super Team
sesi 4,  KKN Tematik Posdaya
sesi 5,  Pengembangan Kebun Bergizi dengan MKRPL
sesi 6, Pengembangan Peternakan terpadu dan Pakan Ternak
sesi 7, Strategi Pendampingan Posdaya oleh lintas sektoral 
sise 8, Strategi Penumbuhan dan Pengembangan Posdaya   
 
Usai penyampaian materi  secara klasikal untuk dapat lebih di pahami selanjutnya peserta di bagi dalam 3 kelompok untuk melakukan kunjungan ke 3 lokasi posdaya yang sudah aktif yaitu Posdaya Kenanga di kelurahan Situgede, Posdaya Sejahtera di Kelurahan Bubulak, Posdaya Al-barokah di Desa Bantarjaya Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. 
 
Dari kegiatan yang diikuti selama 4 hari maka dapat di tarik kesimpulan bahwa POSDAYA  (Pos Pemberdayaan Keluarga) sebagai forum komunikasi, silaturahmi, advokasi, penerangan dan pendidikan, sekaligus sebagai wadah kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu, di harapkan dapat dikembangkan menjadi wadah pelayanan keluarga secara terpadu, utamanya pelayanan kesehatan, pendidikkan, wirausaha, dan pengembangan lingkungan yang akan memudahkan keluarga untuk bisa berkembang secara mandiri.
 
Pada dasarnya Posdaya merupakan wadah pemberdayaan masyarakat sehingga kegiatan kelompok di mulai oleh suatu komunitas yang akhirnya terorganisasi, dengan nama apa saja yang prinsipnya berfungsi untuk meningkatkan pemberdayaan keluarga, atau masyarakat di sekitarnya. Hal yang di tawarkan oleh Posdaya adalah upaya pemberdayaan yang di arahkan untuk mendukung penyegaran fungsi keluarga terdiri dari keagamaan, budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi dan kesehatan, pendidikkan, ekonomi serta lingkungan.
 
Implementasi kegiatan Posdaya 1. Bidang Pendidikkan : PAUD, Pustaka Warga, Kompudaya (komputer untuk Pemberdayaan), Pengajian, Kejar Paket. 2. Bidang Kesehatan, Posyandu, Posbindu Lansia, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina keluarga Remaja (BKR), pembinaan/pos KB, obat murah.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger