Lokakarya Guna Memperkuat Sistem Pendidikan Penyuluhan Perikanan

Rangkaian kegiatan lokakarya pendidikan yang diselenggarakan oleh Jurusan Penyuluhan Perikanan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) diawali dengan beberapa rangkaian kegiatan sebelum acara inti dalam penyusunan pengembangan akademik di Kota Bandung, Jawa Barat seperti kunjungan ke Balai Pelestarian Perikanan Perairan Umum (BPPPU) Ciherang, Cianjur dan kunjungan ke Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Saung Lele Padalarang Bandung Barat kemudian peserta lokakarya menuju ke hotel.
Tepat pukul 17.00 WIB, Kamis, 30 Oktober 2014 rombongan tiba di Hotel Marbella, Bandung, Jawa Barat. Lokakarya pendidikan ini dibuka langsung oleh Ketua STP yang diikuti oleh 22 orang dosen, Pembantu Ketua I Bidang Akademik STP, ketua jurusan lingkup STP, Kepala Bagian Keuangan STP, Kepala BAPPL STP Serang, kepala unit lingkup Jurusan Penyuluhan Perikanan, staf bagian akademik, dan program studi. Dalam arahan ketua STP, beliau menyampaikan harapan kedepannya agar civitas akademika STP dapat lebih memperbaiki serta mengevaluasi diri sebagai salah satu kunci yang dapat mendukung upaya perbaikan pendidikan di lingkup STP. 
Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Prof. Toto Sutarto Gani Utari selaku Dosen Kopertis DPK Pendidikan Biologi, Universitas Pasundan, Jawa Barat. Materi yang disampaikan adalah mengenai Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Pengelolaan Kelas. Dalam penyampaian materinya, Prof. Toto memberikan pencerahan terkait dengan pemahaman kepada peserta lokakarya mengenai tahapan-tahapan dalam penyusunan kurikulum berbasis kompeten. Setiap tenaga pendidik diharapkan mampu memahami dan mampu menetapkan tujuan pembelajaran, mampu menimplementasikan dalam proses pembelajaran yang harus diawali dengan pemberian pengetahuan sebagai kunci keberhasilan proses pengajaran. 
Pada hari kedua, beberapa agenda yang telah diselenggarakan adalah Pertama, pembahasan secara paralel mengenai Substansi Praktek Kerja Lapang (PKL) I oleh Ketua Labo Teknologi Perikanan, PKL II oleh Ketua Labo Bisnis Perikanan, dan PKL III oleh Ketua Labo Penyuluhan Perikanan serta penyampaian proses pendidikan oleh Komisi Pendidikan Jurusan Penyuluhan Perikanan.
Agenda kedua, pembahasan Review Akreditasi Program Studi Penyuluhan Perikanan oleh Sutrisno selaku Koordinator Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN – PT). Materi yang menjadi pokok bahasan pada kesempatan ini, konsultasi borang akreditasi guna penyamaan persepsi sesuai standar yang ditelah ditetapkan oleh BAN-PT dengan masukan dan perbaikan. Rekomenasi bapak Sutrisno, beberapa hal yang terdapat dalam borang harus diuraikan sesuain dengan tri dharma perguruan tinggi. Diakhiri dengan pembahsan evaluasi diri yang harus diseduaikan dengan pedoman terbaru.
Kegiatan terakhir adalah Perumusan Hasil Lokakarya. Hasil rumusan lokakarya yang dicapai adalah diharapkan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam proses belajar mengajar, maka dalam pelaksanaan PKL I,II dan III, diharapkan setiap taruna mengalami dan mengikuti 80% kegiatan PKL.  yang diselenggarakan pada awalnya 18 hari menjadi 30 hari. Untuk mendukung hasil tersebut, maka perlu peninjaun kembali dalam penganggaran pada Tahun Anggaran 2015/2016.
Pada hari terakhir, penutupan acara oleh Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan. Dalam arahannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta lokakarya, diharapkan kepada panitia untuk menyusun segera menyusun resume atau kesimpulan penyelenggaraan lokakarya. Hasil review standar akreditasi harus segera diselesaikan, persiapan akreditasi diharapkan selesai pada bulan November berdasarkan hasil pembahasan bersama pada lokakarya ini, mengingat akhir masa berlaku akreditasi sampai bulan Februari 2015. Saat Visitasi diharapkan kerjasama dan kekompakan civitas akademika prodi Penyuluhan Perikanan dan mempersiapkan visitasi lapangan. 
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger