Mendulang Semangat Kerja dan Penumbuhan Jiwa Korsa Pegawai

Bekerja merupakan kewajiban setiap manusia sebagai upaya mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini berlaku umum bagi siapa pun, termasuk seluruh pegawai Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jurusan Penyuluhan Perikanan. Dalam rangka mendulang semangat kerja transformasional dan penumbuhan jiwa korsa dalam peningkatan performa pegawai lingkup STP Jurusan Penyuluhan Perikanan, kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPSDMKP) melakukan kunjungan kerja sekaligus memberikan pencerahan ke kampus STP Cikaret Bogor, Rabu 11 Februari 2015.  
Dalam paparannya Kepala Badan SDM KP menyampaikan, saat ini main stream Kemeterian Kelautan dan Perikanan (KKP) fokus pada penanganan illegal fishing yang menjadi sorotan media massa sejak ibu Susi Pudjiastuti dilantik menjadi Menteri. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh civitas akademika STP Jurusan Penyuluhan Perikanan meningkatkan dan mempbaharui pengetahuan serta kompetensi tidak hanya dibidang perikanan budidaya, namun juga masalah penangkapan ikan. 
Dewasa ini, program kerja BPSDMKP lebih berfokus pada bidang perikanan budidaya, namun pada hakikatnya program kerja BPSDMKP mencakup seluruh aspek kelautan dan perikanan yang meliputi: Perikanan Tangkap, Perikanan Budidaya, Pengolahan Produk, Pemasaran, Keuangan/ Bisnis, Pengawasan illegal fishing, Konservasi Perairan, Perubahan Lingkungan dan Bencana Alam. Harapannya, seluruh pegawai dilingkup BPSDMKP kedepannya harus meningkatkan dan memperbaharui pengetahuan serta kompetensi sesuai dengan program kerja BPSDMKP. 
Untuk mendorong program kerja tersebut, BPSDMKP melalui STP sebagai wadah untuk mencatak sumerdaya manusia perikanan yang handal dan berkompeten sesuai dengan Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 2014 diharapkan mampu melaksanakan proses pendidikan sesuai pembagian urusan antara pemerintah pusat dan daerah. Kedepannya untuk memperkuat SDM kelautan dan perikanan, akan dibangun 10 Politeknik Kelautan dan Perikanan di seluruh Indonesia yang bertaraf internasional. Salah satunya adalah perubahan statute kelembagaan STP Jurusan Penyuluhan Perikanan akan menjadi Politeknik Kelautan dan Perikanan Cikaret Bogor sebagai centre of exelence bidang Penyuluhan Perikanan dan Informasi Teknologi. 
STP Jurusan Penyuluhan Perikanan diharapkan mampu mempersiapkan seluruh perangkat utama dan pendukung untuk perubahan statuta menjadi Politeknik Kelautan dan Perikanan berskala internasional. Diharapkan seluruh civitas akademika mampu meningkatkan kinerjanya dengan terus berkarya demi kemajuan dan terwujudnya kampus Cikaret sebagai pencetak tenaga penyuluh perikanan yang tangguh, cakap, handal dan menguasai ilmu penetahuan dan teknologi terbaru serta menjaga kerapihan dan kebersihan kampus, sehingga mampu menjadi kampus percontohan lingkup Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan.
Pada kesempatan ini pula, Kepala Badan SDM KP memberikan motivasi kerja kepada seluruh pegawai STP Jurusan Penyuluhan Perikanan dengan menerapkan prinsip AIDA yaitu Awareness (kesadaran), Interaction (saling berinteraksi), Dialog (saling berkomunikasi) dan Action (melakukan).

Sumber: http://www.stpbogor.bpsdmkp.kkp.go.id/news/2015/02/mendulang-semangat-kerja-dan-penumbuhan-jiwa-korsa-pegawai
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger