Pengabdian Masyarakat di Pantai Selatan Jawa

Perguruan Tinggi, selain menyelenggarakan kegiatan pendidikan, memiliki fungsi dalam melaksanakan kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 3 (tiga) hal tersebut itulah yang seringkali disebut sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Jurusan Penyuluhan Perikanan (Jurluhkan) yang merupakan lembaga pendidikan yang bernaung dibawah Sekolah Tinggi Perikanan merupakan lembaga yang menyelenggarakan pengabdian masyarakat fokus pada kelompok-kelompok perikanan yang ada di beberapa daerah. Secara rutin dan kontinyu menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah-wilayah yang sudah menjadi mitra. Pada tahun ini, kegiatan pengabdian masyarakat salah satunya dilaksanakan di Lokasi Praktek Taruna di Kabupaten Pangandaran yang berada Pantai Selatan Jawa.
Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Pangandaran dengan pertimbangan bisa bersinergi dengan kegiatan Praktek Pengenalan Kehidupan Masyarakat Pesisir yang dilaksanakan oleh seluruh Taruna Remaja (Tingkat Satu/Semester 2). Selain itu, di lokasi tersebut terdapat kelompok-kelompok perikanan yang bergerak di berbagai bidang seperti Penangkapan Ikan, Budidaya Perikanan, dan Pengolahan Hasil Perikanan.
Di lokasi tersebut, Jurusan Penyuluhan Perikanan mencoba melakukan pembinaan kepada Kelompok Usaha Bersama “Kenanga” yang bidang usahanya adalah Penangkapan Ikan. Materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut adalah penguatan kelembagaan pelaku utama perikanan yang melputi materi dinamika kelompok, pengembangan kelompok, administrasi kelompok, penguatan serta keorganisasian kelompok.
Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari yakni senin-selasa, 23-24 Februari 2015. Materi-materi kelompok disampaikan langsung oleh Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor, Dra. Ani Leilani, M.Si. yang juga merupakan salah satu Dosen bidang Penyuluhan di Kampus STP Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. Selain menyampaikan materi, pada kesempatan tersebut, TIM pengabdian dari STP Jurluhkan Bogor juga membagikan media penyuluhan berupa Folder dan Leaflet, serta memberikan Buku Administrasi Kelompok kepada Kelompok Usaha Bersama “Kenanga”.
Selain Jurluhkan Bogor, pada pengabdian tersebut juga diikuti oleh jurusan lain dari Sekolah Tinggi Perikanan seperti Penangkapan Ikan, Pengelolaan Sumberdaya Perairan, dan Pengolahan Hasil Perikanan. Masing-masing Jurusan menyampaikan materi teknis berdasarkan keahlian dan bidang ilmu.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger