15 Ton Ikan Kering dari Pekalongan Jawa Tengah Telah Diekspor ke Colombo Srilanka

15 Ton Ikan Kering dari Pekalongan Jawa Tengah Telah
Diekspor ke Colombo Srilanka
Kota Pekalongan yang terkenal dengan kekayaan hasil lautnya, kini patut berbangga, karena bukan saja sebagai pemasok ikan untuk dalam negeri, namun sekarang target pasarnya telah meluas ke berbagai Negara, salah satu contohnya pada tanggal 16 Januari 2013, sebanyak 15 ton ikan kering dari berbagai jenis mulai dari jenis ikan tenggiri, zero(lemuru), hingga tongkol telah dikirim ke Colombo Srilanka guna memenuhi permintaan konsumen. 
 
Meski cuaca yang buruk dan banjir yang menggenangi sebagian kawasan kota Pekalongan, tidak menyurutkan niat Ibu Nur Hidayatul Khosyi’ah, pemilik UD Hasil Tiga Mulia untuk tetap mengeksporikan kering tersebut. 
Beliau menambahkan bahwa cukup terkendala pada masalahpermodalan, pengepakan yang membutuhkan mesin press, karena masih menggunakan system manual bukan mesin. Pesanan juga tidak hanya untuk ikan kering saja, namun di beberapa Negara banyak konsumen yang memesan ikan segar, namun hal itu juga merupakan salah satu kendala dikarenakan tidak adanya cold storage yang dapat membuat ikan tahan lama dan dapat digunakan untuk menyimpan bahan baku di saat para nelayan tidak bisa mencari ikan dikarenakan cuaca buruk. Pengiriman ikan kering yang bernilai sekitar 160 juta rupiah ke Colombo Srilanka diperkirakan memerlukan waktu sekitar 20 hari, dengan menggunakan truck container yang memiliki sirkulasi udara sehingga kualitas ikan kering masih dapat terjaga. (Humas PPN Pekalongan).
Sumber: www.kkp.go.id.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger