Nelayan Sultra Dapat Bantuan 12 Kapal

Nelayan Sultra Dapat Bantuan 12 Kapal
 PROVINSI Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat bantuan 12 Kapal Inka Mina (Inpres Kapal Perikanan) dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), kapal ini nantinya akan digunakan para nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha bersama(KUB).

"Bantuan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pendapatan dan daya tangkap nelayan. Diserahkan kepada kelompok nelayan yang sudah mengajukan proposal," kata kepala dinas Kelautan dan perikanan Sultra Askabul di Kendari, Selasa(29/1)

Bantuan Kapal inka mina merupakan implementasi dari instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2010 tentang percepatan Pelaksanaaan Prioritas Pembangunan Nasional,khususnya Program  Prioritas Ketahanan Pangan.Kebijakan ini juga terkait dengan peraturan Menteri (Permen) KKP Nomor 12/MEN/2008 tentang Bantuan Langsung Masyarakat di Bidang Kelautan dan Perikanan.

Kapal yang rencananya diserahkan pada November mendatang kepada nelayan Sultra ini berbobot 30 gross tonase (GT). kelompok nelayan yang akan mendapat bantuan kapal tersebut harus memiliki surat keterangan kepemilikan kapal nelayan yang khusus menangkap ikan dengan menggunakan jaring melingkar, bukan pukat harimau
Askabul Kijo mengungkapkan, bantuan yang diserahkan pemerintah pusat ini bertambah dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2012, Sultra menerima bantuan delapan unit kapal Inka Mina dan tahun ini menjadi 12 unit.

Dia menambahkan. di awal 2013 ini sudah ada 30 KUB yang mengajukan proposal. Namun yang akan mendapatkan bantuan ini diprioritaskan pada KUB yang mengajukan proposal sejak tahun 2012 lalu. Program bantuan kapal Inka Mina ini menargetkan akan menyalurkan bantuan 1.000 unit kapal di sepanjang 2010-2014 Total anggaran pengadaan kapal tersebut sebesar Rp1,5 Triliun atau Rp1,5 milyar per unit kapal. Data secara nasional hingga 2012. total kapal yang telah diserahkan sebanyak 521 unit. 
Sumber :JURNAL NASIONAL Tanggal 30 Januari 2013 Hal.14
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger