Nelayan Cirebon Lirik Budidaya Kerapu

Nelayan Cirebon Lirik Budidaya Kerapu

Metrotvnews.com, Cirebon: Sejumlah nelayan di daerah Pantura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mulai melirik budidaya ikan kerapu dengan keramba jaring apung disepanjang pesisir Laut Jawa.
Pranoto, salah seorang nelayan di Desa Gebang Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, kepada wartawan di Cirebon, Rabu, mengatakan, usaha budidaya ikan kerapu dengan keramba jaring apung mulai dilirik oleh nelayan setempat.
Usaha Perikanan diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan, kata dia, karena mengandalkan hasil tangkapan sering terkendala cuaca, seperti saat ini musim "baratan" mereka berhenti melaut.

Budidaya ikan kerapu masih cukup menjanjikan karena permintaan ikan tersebut cukup tinggi, baik untuk pasokan pasar loka juga memenuhi permintaan ekspor.
Sementara itu Jayusman nelayan lain mengaku, mengandalkan hasil tangkapan di laut lepas sulit diharapkan karena sering terganggu cuaca buruk, langkah budidaya kerapu dengan keramba jaring apung bisa meningkatkan kehidupan nelayan setempat. Budidaya ikan kerapu cukup menguntungkan, kata dia, selain harga ikan tersebut bertahan tinggi, kerapu sangat diminati oleh konsumen lokal dan ekspor.
Jaya, salah seorang petani ikan di Pantura Indramayu menuturkan, permintaan ikan kerapu cukup tinggi, tetapi mengandalkan hasil tangkapan nelayan pasokan sering terhambat akibat cuaca buruk. Ia menambahkan, budidaya ikan kerapu dengan keramba jaring apung, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar, sehingga pasokan tetap aman meski nelayan berhenti melaut.

Sumber: http://kkp.go.id/index.php/arsip/c/8622/Nelayan-Cirebon-Lirik-Budidaya-Kerapu/?category_id=
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger