KARTU UNTUK SEJAHTERAHKAN NELAYAN DISEBAR DI SULTENG

Kartu Untuk Sejahterakan Nelayan Disebar Di Sulteng

Palu  - Setelah melalui proses yang cukup ketat dari tingkat kabupaten, provinsi sampai pusat (Kementerian Kelautan dan Perikanan), Kartu Tanda Nelayan (KTN) akhirnya dibagi-bagikan untuk pertama kalinya kepada para nelayan di Sulawesi Tengah. Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sudirman Saad menyerahkan kartu nelayan perdana itu secara simbolis kepada tiga nelayan Sulawesi Tengah usai menjadi pembicara dalam dialog tentang perokonomian dan kelautan di Hotel Palu Golden, Sabtu (2/2).
Sudirman menjelaskan kartu itu diberikan kepada nelayan yang melakukan penangkapan ikan dengan kapal penangkap ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia (WPP RI). Pembuatan kartu nelayan tidak semata-mata sebagai bukti identitas sebagai nelayan, melainkan inisiatif pemerintah untuk menjadikan nelayan sebagai mitra dalam proses pembangunan perikanan tangkap.
Kartu nelayan itu bisa menjadi referensi pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dari Pertamina. Selain itu, juga bisa untuk referensi pembuatan Jaminan Kesehatan Daerah, penerima program usaha mina perdesaan (PUMP), serta penerima program "Sehat Nelayan" (sertifikat tanah hak atas nelayan). Pada 2012, Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2012 mengucurkan dana hibah sebesar Rp11 miliar melalui program PUMP guna meningkatkan kapasitas para nelayan tangkap terutama yang masuk kategori ekonomi lemah.
Dana tersebut dikucurkan kepada 110 kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di sembilan kabupaten/kota di daerah ini, masing-masing KUB memperoleh Rp100 juta. Dana tersebut digunakan untuk membiayai kegiatan usaha penangkapan, pembelian perahu, mesin, alat tangkap dan juga biaya operasional melaut.
Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng Ir Johanis Riga mengemukakan, di Sulawesi Tengah rencananya akan diberikan sekitar 10.000 Kartu Tanda Nelayan kepada nelayan yang berhak menerimanya.
Nelayan itu tersebar di Kabupaten Poso 1.000 kartu Banggai (750), Donggala (750), Kota Palu (500), Kabupaten Parigi Moutong (750), Tojo Unauna (1.000), Morowali (1.000), Tolitoli (1.000), Buol (1.000), Banggai Kepulauan (750), serta nelayan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Paranggi, Pagimana dan Donggala masing-masing 500 kartu. (R007). 

Sumber:  kkp.go.id/index.php/arsip/c/8618/Kartu-Untuk-Sejahterakan-Nelayan-Disebar-Di-Sulteng/
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger