Isu Kelautan Dibahas dalam APEC

Isu Kelautan Dibahas dalam APEC

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemerintah Indonesia akan mendorong pengarusutamaan isu kelautan dan perikanan dalam forum kerja sama ekonomi Asia Pasific (APEC). Hal ini seiring momentum terpilihnya Indonesia sebagai Ketua forum APEC tahun ini.

Beberapa isu kelautan dan perikanan di antaranya penyediaan ikan sebagai bahan pangan dan sumber protein hewani (ketahanan pangan), konektivitas, penyediaan lapangan kerja, pengentasan kemiskinan, serta peran laut mendukung pertumbuhan ekonomi.

Menurut Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut Hutagalung, pengarusutamaan isu terkait ekonomi kelautan akan diupayakan dapat terakomodasi dalam pernyataan para pemimpin APEC (APEC Leaders), Oktober 2013, sehingga menjadi  fondasi yang lebih kuat bagi kerja sama kelautan dan perikanan APEC.

Ia mengungkapkan, Indonesia mengusulkan pendirian Pusat Data Kelautan dan Perikanan APEC yang diharapkan dapat memantau perkembangan ekonomi negara anggota APEC dalam bidang kelautan dan perikanan, khususnya dalam menindaklanjuti hasil forum APEC.

"KKP mengusulkan Balai Riset dan Observasi Kelautan di Perancak, Bali, sebagai rumah Pusat Data Kelautan dan Perikanan APEC," ujar Saut,
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger