Pengembangan Satuan Pendidikan pada Pusat Pendidikan KP

Mengawali Tahun 2015, Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan (PUSDIK KP) lingkup Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) melakukan kunjungan ke salah satu unit satuan pendidikan PUSDIK KP yaitu di kampus Politeknik Kelautan (POLTEK KP) dan Perikanan Bitung, Sulawesi Utara. Kunjungan tersebut dalam rangka Pelantikan Taruna/i Baru Angkatan Ke-1 POLTEK KP Bitung dan peresmian beberapa sarana dan prasaran yang dimiliki oleh kampus Bitung. 
Dalam rangka kunjungan tersebut, Kapusdik KP juga berkesempatan mengunjungi salah satu sarana baru yang dimiliki oleh kampus Bitung yaitu ruang video conference merupakan salah satu sarana yang sedang gencar untuk terus dikembangkan di seluruh satuan pendidikan PUSDIK KP seluruh Indonesia, guna memaksimalkan pemanfaatan kemajuan sistem teknologi dan informasi. Pada kesempatan yang bersamaan, kepala PUSDIK KP tidak hanya berkunjung ke ruangan tersebut, tetapi sekaligus mencoba mengaplikasikan teknologi yang sudah dilengkapi dengan sarana video conference yang cukup memadai. 
Kegiatan video conference diselenggarakan pagi hari ini (9/1) dengan menghubungkan antara kampus POLTEK KP Bitung dengan beberapa kampus satuan pendidikan PUSDIK KP tingkat perguruan tinggi lainnya seperti kampus Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor – Jawa Barat, kampus POLTEK KP Sorong – Papua Barat dan POLTEK KP Sidoarjo – Jawa Timur serta terhubung juga dengan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Bone – Sulawesi Selatan. 
Pada kesempatan video conference ini, Kapusdik KP menyampaikan arahannya terkait pengembangan yang harus dilakukan oleh setiap satuan pendidikan PUSDIK KP tingkat perguruan tinggi sebagai Central of Exellence dibidang perikanan dan kelautan. Sehingga kedepannya dapat menjadi penjuru pusat studi kelautan dan perikanan yang disegani. Pengembangan yang dimaksudkan meliputi : 1) Kelembagaan; 2) Sumberdaya manusia tenaga pendidik dan kependidikan ; 3) Kurikulum; 4) Sarana dan prasarana; dan 5) Pengembangan proram studi yang berbasis ilmu kelautan. 
Selain hal tersebut, Kapusdik KP juga menegaskan agar setiap kampus satuan pendidikan PUSDIK KP harus memiliki ide dan pemikiran untuk menciptakan penciri atau trade mark keahlian masing-masing sehingga menjadi kekuatan dan keunggulan sesuai dengan potensi yang ada disekitar wilayah kampus. Seperti Kampus POLTEK KP Sidoarjo menjadi kampus pusat studi mangrove, POLTEK KP Sorong menjadi kampus puast studi lamun, POLTEK KP Bitung menjadi pusat studi terumbu karang dan STP Jurusan Penyuluhan Perikanan menjadi pusat studi pemberdayaan masyarakat. 
Kapusdik KP melanjutkan, bahwa diharapkan juga dalam waktu dekat, setiap kampus satuan pendidikan PUSDIK KP tingkat perguruan tinggi untuk segera membuka Program Studi (Prodi) baru yang menitik beratkan pada bidang ilmu kelautan sehingga pada saat penerimaan peserta didik Tahun Ajaran baru sudah bisa dibuka. Seperti di kampus Sidorajo mengusulkan Prodi Bioteknologi dan Konservasi, kampus Sorong mengusulkan Prodi Konservasi dan Perkapalan, kampus Bitung mengusulkan Prodi Perkapalan dan Wisata Bahari dan STP Jurusan Penyuluhan Perikanan mengusulkan Prodi Komunikasi Penyuluhan, Bisnis Perikanan dan Pemberdayaan Masyarakat.
Selanjutnya pada kesempatan yang sama, setiap pimpinan masing-masing kampus baik yang ada di Bogor, Sidoarjo, Sorong dan Bone dipersilahkan untuk berdiskusi dengan Kapusdik KP yang berada di kampus Bitung terkait pembahsan yang telah disampaikan oleh Kapusdik KP melalui video conferenceVideo conference ini memanfaatkan salah satu program komunikasi yang cukup mudah diaplikasikan yaitu dengan Skype. Skype merupakan sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer) dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) dan gambar (video) berkualitas tinggi berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai tempat, sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi secara langsung meski berbeda tempat.
Pada akhirnya, harapan Kapusdik KP dalam arahannya melalui Video Conference ini, satuan pendidikan PUSDIK KP lingkup KKP mampu menjadi penjuru pendidikan vokasi kelatan dan perikanan di Indonesia. Pada awal tahun 2015 ini, Kapusdik juga menyampaikan agar seluruh komponen satuan pendidikan PUSDIK KP lingkup KKP tetap semangat untuk terus berkembang dan tidak merasa puas diri terhadap hasil capaian kinerja di Tahun 2014.

Sumber : http://www.stpbogor.bpsdmkp.kkp.go.id/news/2015/01/pengembangan-satuan-pendidikan-pada-pusat-pendidikan-kp
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger