Pembukaan International Job Fair dan Temu Bisnis Alumni Pendidikan Kelautan dan Perikanan

Jakarta [28 Oktober 2013]. Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan International Job Fair Kelautan dan Perikanan di Gedung SMESCO Jakarta. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Temu Bisnis Alumni Pendidikan Kelautan dan Perikanan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan. Turut hadir Menteri Kelautan dan perikanan, Anggota Komisi IV DPR RI, Kepala Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan, kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Kepala Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, perwakilan Negara Sahabat, kepala Unit Pelaksana Teknis lingkup Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan, Pengusaha Perikanan Alumni Pendidikan Kelautan dan Perikanan.
Pada 28
Secara simbolis Menteri Kelautan dan Perikanan melakukan pengguntingan Pita sebagai tanda dibukanya International Job Fair Kelautan dan Perikanan serta Temu Bisnis Alumni Pendidikan Kelautan dan perikanan. Acara diawalai dengan deklarasi Pembentukan Himpunan Pengusaha Perikanan (HIPERIKAN) yang dilanjutkan launching produk perikanan unggulan yang merupakan produksi peserta didik Unit Pelaksana Teknis Lingkup Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan yang secara simbolis dilakukan dengan pemutaran kemudi kapal oleh Menteri Kelautan dan Perikanan.
Penyelenggaraan International Job Fair kelautan dan perikanan sebagai upaya Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam memberikan fasilitasi bagi masyarakat khususnya lulusan pendidikan bidang kelutan dan perikanan untuk mengakses pekerjaan serta memberikan peluang untuk berwirausaha bidang perikanan dan kelautan, sehingga dapat mempercepat pembangunan bidang kelautan dan perikanan. Job fari dihadiri oleh 50 Perusahaan yang bergerak dibidang Perikanan.
Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan, terdapat 6.350 peluang kerja yang ditawarkan, yang terdiri dari 2.945 posisi perikanan tangkap, 154 posisi untuk perikanan budidaya serta bidang pengolahan perikanan membuka lowongan 550 posisi. Peluang kerja juga terbuka untuk industri maritim dan pengelolaan lingkungan laut, pesisir dan pulau-pulau kecil. Dimana pada tahun 2013 tersedia lowongan 2.701 lowongan. Jumlah tersebut terbagi dalam 5 zona, yakni zona kewirausahaan (9 pemilik usaha), zona pelaut perikanan (15 perusahaan), zona budidaya (15 perusahaan), zona pengolahan (5 perusahaan) dan zona industri maritim (10 perusahaan).
Sementara, Temu Bisnis Alumni Pendidikan Kelautan dan Perikanan yang dimaksudkan untuk memperkuat jaringan bisnis alumni satuan pendidikan kelautan dan perikanan, memberikan peluang usaha bagi alumni pendidikan KP serta menjadi mentor bisnis bagi pebisnis alumni pemula.
Salah satu rangkaian acara adalah diskusi panel temu bisnis alumni pendidikan KP menghadirkan 4 Narasumber yaitu: Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri,MS (Guru Besar Fakultas Perikanan IPB); Hermawan Kartajaya (Presiden Markplus & Inc); Ir. Thomas Darmawan (Presiden Asosiasi Pengusaha Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan Indonesia). Dan Dr. Suseno Sukoyono (Kepala Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan) yang mengangkat tema “Peran Usaha Kelautan dan Perikanan untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional” (m.patekkai)
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger