STP Jurluhkan Bogor dan Akademi Perikanan Sidoarjo Kerjasama Gelar Pelatihan

Bogor, 23 Oktober 2013 telah dilaksanakan Pelatihan Pengolahan Ikan Lele dan Pembuatan Pakan Apung berbahan limbah lele di Pondok Pesantren Nurul Huda Cijeruk Bogor. Pelatihan yang difasilitasi oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Perikanan Sidoarjo bekerja sama dengan STP Jurusan Penyuluhan Perikanan diikuti oleh peserta dari kelompok ibu-ibu pengolah ikan, para santri di pondok pesantren Nurul Huda, dan beberapa perwakilan staf dari STP Jurluhkan.

Materi pelatihan adalah : pembuatan abon ikan lele, krupuk kulit ikan, kripik tulang dan sirip lele, chryspi lele, sedangkan pembuatan pellet apung skala rumah tangga dengan menggunakan bahan baku limbah lele.  Pelatihan dilanjutkan dengan gelar produk hasil pengolahan lele   pada tanggal 24 Oktober 2013 yang dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan, Kepala Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, Ketua STP Jakarta, Direktur Akademi Perikanan Sidoarjo, Ketua Jurusan Penyuluh Perikanan Bogor, Wakil dari BP3 Tegal dan Staf Pengajar dari Jurusan Penyuluhan Perikanan Bogor. 

Pada kesempatan gelar produk berkenan Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan berkomunikasi melalui skype yang difasilitasi oleh Radio Penyuluhan Industrialisasi Kelautan dan Perikanan  (RAPIKAN) STP Jurluhkan dengan kelompok Pengolahan P2MKP  “Darma Tirta” yang berlokasi di Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Dalam arahannya, Kapusdik KP menyampaikan beberapa hal : hasil pelatihan harus dapat disosialisasikan kepada masyarakat sekitar pondok pesantren, bahan yang digunakan harus berasal dari sumber yang baik, dan agar berdaya saing dan bernilai jual produk harus dilengkapi dengan sertifikat PIRT dan halal. [M.Patekkai]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger