STP Jurluhkan Fasilitasi DIKLAT Dasar I bagi Penyuluh Perikanan Kaimana


Bogor [24oktober13]. Kegiatan penyuluhan diharapkan mampu mendorong terwujudnya masyarakat perikanan yang lebih baik (better farming), menuju kehidupan yang lebih layak (better community), berusaha yang lebih menguntungkan (better bussines), dan hidup lebih sejahtera (better living). Untuk dapat mewujudkan tujuan dari kegiatan tersebut di atas keberadaan penyuluh perikanan yang kompeten dan profesional menjadi kunci keberhasilan pembangunan perikanan. Berkenaan dengan hal tersebut maka Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kaimana membuat program kegiatan Pendidikan dan Latihan bagi penyuluh perikanan di Kabupaten Kaimana.

STP Jurusan Penyuluhan Perikanan sebagai sebah lembaga vokasi penyuluh perikanan dipercaya oleh Pemerintah Kabupaten Kaimana untuk melaksanakan Diklat Dasar I Penyuluh Perikanan bagi Penyuluh Perikanan Kabupaten Kaimana, Papua Barat. Jumlah penyuluh perikanan yang mengikuti diklat ini adalah sebanyak 15 orang. Diklat dasar penyuluhan perikanan dilaksanakan selama 8 hari setara 80 jam pelatihan dari tanggal 17 s.d 24 Oktober 2013.
Praktek Media Penyuluhan Terdengar melalui Siaran Radio
Kurikulum yang diajarkan sesuai dengan bidang dan jenis pelatihan yang diinginkan adalah materi yang berkaitan dengan penyuluhan dan disesuaikan dengan tugas pokok dimana fungsi penyuluh perikanan sebagaimana tercantum pada PerMen Pan no 19 tahun 2008 tentang penyuluh perikanan dan angka kreditnya. Secara umum, pelatihan diselenggarakan dengan 2 (dua) metode dalam proses pembelajaran yakni Pemberian Materi di dalam kelas dengan sistem ceramah dan diskusi dan yang kedua adalah dengan praktek di kelas, lapangan ataupun laboratorium-laboratorium milik STP Jurusan Penyuluhan Perikanan. Narasumber pada kegiatan tersebut antara lain : Kepala Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, Kepala Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan, dan Dosen lingkup STP Jurusan Penyuluhan Perikanan. [M.Patekkai]
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger