Kemilau Aksi Gemercik Soka Meriahkan Peringatan Hari Kartini 2015

Tanggal 21 April 2015 menjadi tanggal yang bersejarah bagi bangsa ini, hari yang senantiasa diperingati oleh seantereo bangsa ini sebagai hari kelahiran sosok perempuan pahlawan bangsa yaitu Raden Ajeng Kartini yang merupakan titik awal perjuangan emansipasi perempuan Indonesia. Acara seremonial selalu dilakukan di kampus STP Cikaret, dimana kaum Hawa mengenakan Kebaya yang merupakan pakaian Nasional, dan Batik untuk kaum adam. 
Setiap tahunnya, Civitas akademika STP Cikaret selalu diperingati dengan penyelenggaraan Upaca Bendera Kartini, dimana petugas upacara, semua didominiasi oleh perempuan sebagai sebuah bentuk implikasi perayaan Hari Kartini. Selain dihadiri oleh para Dosen, Pegawai, Karyawan, dan taruna taruni, apel pagi hari ini juga dihadiri oleh siswa siswi dari TK/PAUD sekitar kampus.
Dalam pelaksanaan Upacara, bertindak sebagai Pembina Upacara, Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan, Dra. Ani Leilani, M.Si. Dalam sambutan dan arahannya, beliau mengajak para peserta upacara untuk kembali mengenang sosok R. A Kartini. Beliau menututrkan bahwa Nama Kartini, seorang pahlawan wanita yang sudah tidak asing lagi. Raden Adjeng Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal di Rembang, Jawa Tengah, tanggal 17 September 1904 pada usia 25 tahun. Raden Adjeng kartini juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita di Indonesia. Beliau juga mengajak khususnya kaum Wanita agar kepahlawanan kartini, bisa menjadi pemicu perjuangan kamu Wanita. Dan diakhir Sambutannya beliau menuturkan bahwa “Hari Kartini senantiasa kita peringati setiap tahun. Namun hendaknya janganlah pada saat-saat peringatan ini saja kita menampilan hasil karya dan cipta kaum wanita. Namun lebih daripada itu, mudah-mudahan setiap hari, setiap masa wanita Indonesia, tetap berjuang dan tetap bercitra, sebagai bangsa yang harum namanya.”
Pada peringatan hari Kartini ini pula, untuk meningkatkan kedekatan dan hubungan kampus STP Cikaret dengan masyarakat lingkungan sekitar kampus, Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) yang didukung oleh taruna-taruni STP kembali menyelenggarakan Bazzar serta pameran pada Tanggal 15-16 April 2015. Kegiatan Peringatan Hari Kartini yang bertema “ Kemilau Aksi GEMERCIK SOKA” ini turut mengundang BKP5K Kabupten Bogor, Pihak Kecamatan Bogor Selatan, pihak dari Kelurahan Cikaret, POSDAYA, Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, dan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian. Kegiatan ini dihadiri pula oleh pelajar dari tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP yang akan mengikuti lomba.
Selain penyelenggaraan Bazar dan Pameran, diadakan pula lomba yang bertema kan pendidikan dan GEMERCIK (Gerakan Memasyarakatkan Cinta Ikan) serta GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Perlombaan yang dilaksanakan yaitu lomba mewarnai, menggambar, tangkap belut, tangkap ikan, design poster perikanan, dan sketsa ibu kartini.  Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini yaitu pada tanggal 15-16 April 2015 di awali dengan ucapan selamat datang kepada perwakilan dari Kecamatan Bogor Selatan yaitu Hj. Khafifah yang langsung memberikan sambutan, beliau menyampaikan  bahwa kegiatan ini sangat bersifat postif karena melibatkan warga sekitar kampus, khususnya anak-anak penerus bangsa yang dapat meneladani ibu kartini dengan emansipasinya.
Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan Dra. Ani Leilani M, Si. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan peringatan hari kartini yang rutin dilaksanakan di kampus STP Cikaret merupkan wujud dari pengabdian kepada masyarakat dengan mendekatkan diri kepada pelajar yang masih berusia dini mengenai perikanan, dengan harapan adanya peningkatan pengetahuan mengenai perikanan, beliau juga menyampaikan bahwa dalam acara peringatan kartini yang sekaligus menggelar bazzar dan pameran ini pengunjung dapat bertanya langsung pada stand-stand yang ada, sehingga kegiatan yang dalam rangka penyuluhan ini dapat berjalan dengan hasil yang baik.
Acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Hj. Khafifah sebagai tanda pebukaan bazzar dan pameran perikanan, sebagai penutup acara taruna dari STP Cikaret bersama-sama melakukan “flash mob”  khas dari timur dengan seluruh masyarakat dan jajaran yang hadir. Kegiatan peringatan hari kartini ini diharapkan dapat bersifat positif bagi seluruh masyarakat yang terlibat khususnya anak-anak sebagai penerus bangsa yang akan menjadi kartini masa depan.

Sumber: http://www.stpbogor.bpsdmkp.kkp.go.id/news/2015/04/kemilau-aksi-gemercik-soka-meriahkan-peringatan-hari-kartini-2015
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger