Presentasi Profil Kelompok Pelaku Utama Perikanan di Bekasi

Dalam rangka meningkatkan peran dalam pembangunan di bidang perikanan, Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jurusan Penyuluhan Perikanan melaksanakan kegiatan Teaching Factory (TEFA) dengan menerapkan konsep pembelajaran dalam suasana sesungguhnya, sehingga menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan satuan pendidikan di satuan pendidikan. Dalam pengertian lain bahwa pembelajaran berbasis produksi adalah suatu proses pembelajaran keahlian atau keterampilan yang dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya (real job) untuk menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan tuntutan pasar atau konsumen. Dengan kata lain barang/jasa yang diproduksi dapat berupa hasil produksi yang dapat digunakan oleh masyarakat.
TEFA yang diselenggarakan Jurusan Penyuluhan Perikanan berbeda dengan jurusan lain yang terdapat di STP, dimana output TEFA Jurusan Penyuluhan Perikanan bukanlah berupa produk/barang melainkan menghasilkan jasa penyuluhan melalui aksi penyuluhan yang dilakukan secara langsung taruna-taruni di lapangan atau dunia kerja. Jasa yang dihasilkan TEFA ini berupa pendampingan dalam penumbuhkembangan kelompok pelaku utama perikanan dan jasa penyusunan programa penyuluhan mulai tingkat desa, kecamatan sampai tingkat kabupaten. 
Pada tahun ini TEFA Jurusan Penyuluhan Perikanan dilaksanakan di Kabupaten Bekasi dengan menghasilkan jasa pendampingan penumbuhkembangan kelompok pelaku utama perikanan dengan menempatkan 74 orang taruna semester IV di 13 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi. Kali ini para taruna-taruni STP Jurusan Penyuluhan Perikanan melaksanakan kegiatan TEFA penumbuhan dan pengambangan kelompok dengan output sebanyak 77 profil kelompok dengan pembagian masing-masing taruna membuat 1-2 profil kelompok. Hal ini berdeda dengan taruna semester VI yang juga akan melaksanakan kegiatan TEFA dengan fokus yaitu penyusunan programa penyuluhan perikanan tingkat desa hingga kabupaten.
Kegiatan TEFA penumbuhan dan pengembangan kelompok dilaksanakan selama 2 pekan yaitu pada 17 Maret 2015 hingga 31 Maret 2015. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama STP Jurusan penyuluhan perikanan, Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (DPPK) Kabupaten Bekasi, Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4KKP) Kabupaten Bekasi serta dukungan dari Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan.
Setelah kegiatan TEFA ini selesai dilaksanakan sebagai bahan evaluasi dan laporan kegiatan TEFA maka dilaksanakan seminar hasil kegiatan TEFA penumbuhan dan pengenbangan kelompok di Kantor Pemerintahan Kabupaten Bekasi. Kegiatan seminar hasil TEFA penumbuhan dan pengembangan kelompk ini dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Maret 2015 dengan dihadiri oleh Kepala DPKK yang diwakili kepala bidang budidaya, Kepala sub bidang perikanan BP4KKP, dosen STP Jurusan Penyuluhan Perikanan,jajaran DPKK, serata taruna taruni STP Jurusan Penyuluhan Perikanan.
Kegiatan seminar hasil TEFA penumbuhan dan pengembangan kelompok ini diawali dengan penyampaian profil kelompok perikanan yang telah disusun oleh taruna-taruni. Pemaparan dilakukan berdasarkan kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi. Profil kelompok yang disampaikan antara lain; Kecamatan Muaragembong,  Cabangbungin, Pebayuran, Cikarang Pusat, Cikarang Timur, Cikarang Barat, Tambun Selatan, Cibitung, Serang Baru, Babelan, Setu, dan Karang Bahagia. Setelah seminar selesai dilaksanakan dilanjutkan dengan penyerahan profil kelompok kepada Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi dan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan.
Acara dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari  instansi yang terkait, diawali oleh Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kab. Bekasi yang diwakili oleh Kepala Bidang Perikanan Budidaya Kabupaten Bekasi beliau menuturkan terimakasih kepada STP Jurusan Penyuluhan Perikanan karena dengan diadakannya kegiatan TEFA penumbuhan dan pengembangan kelompok sangat terbantu dalam hal pengumpulan data bagi Kabupaten Bekasi kemudian laporan yang bersifat riil ini akan menjadi bahan perumusan kebijakan yang berkaitan dengan perikanan di Kabupaten Bekasi serta apresiasi kepada taruna dan taruni sekolah tinggi perikanan yang dapat berbaur dan membantu masyarakah khususnya pelaku tama dalam kegiatan TEFA ini. 
Selanjutnya Kepala BP4KKP Kab. Bekasi yang diwaikili oleh Kepala Sub Bidang Perikanan beliau menyampaikan bahwa dengan output yang berupa profil kelompok ini akan menjadi kekuatan kelembagaan di Kabupaten Bekasi yang akan menambah kekuatan dalam bidang perikanan, dan menambah kekuatan pula bagi pembangunan di kabupaten Bekasi. 
Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan, dalam arahannya beliau menuturkan terima kasih kepada pemerintah daerah Bekasi karena sudah memfasilitasi dan telah membimbing para taruna selama menyelenggarakan praktek TEFA dan diharapkan dengan diadakannya kegiatan TEFA penumbuhan dan pengembangan kelompok ini akan ditindak lanjuti  dengan pembuatan programa penyuluhan yang akan dilakukan oleh 80 orang taruna semester VI STP Jurusan Penyuluhan Perikanan.  
Acara selanjutnya yaitu penyampaian kesan dari taruna taruni sekolah tinggi perikanan jurusan penyuluhan perikanan yang menyatakan bahwa dalam kegiatan TEFA ini sangat berkesan dan memberikan manfaat serta pengalaman yang berharga bagi taruna. Acara diakhiri dengan Do’a bersama dan ramah tamah antara Pegawai DPPK Kabupaten Bekasi, BP4KKP Kabupaten Bekasi dengan Civitas Akademik STP Jurusan Penyuluhan Perikanan

Sumber: http://www.stpbogor.bpsdmkp.kkp.go.id/news/2015/04/taruna-menyampaikan-laporan-hasil-tefa-di-kabupaten-bekasi
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger