Aksi Penyuluhan Taruna Melalui Teaching Factory (TEFA)

Penyuluhan Perikanan adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, dan sumberdaya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan, dan kesejahteraannya, serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.
Berkaitan dengan tujuan penyuluhan di atas maka seorang penyuluh harus mempunyai kemampuan dalam penumbuhan dan pengembangan kelompok pelaku usaha perikanan, hal ini erat kaitannya dalam mendorong suatu kelompok agar dapat mandiri sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya. 
Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh taruna-taruni Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jurusan Penyuluhan Perikanan untuk membantu tercapainya tujuan penyuluhan adalah melalui kegiatan Teaching Factory (TEFA) Penyuluhan Perikanan di Wilayah Perikanan Kabupaten Bekasi. Tujuan diselenggaraknnya TEFA ini adalah : (1) Sosialisasi dan Implementasi Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 14 Tahun 2011 tentang Pedoman Penumbuh kembangan kelompok Pelaku Utama Perikanan; (2) Tersusunnya sebanyak 75 Profik Kelompok Perikanan yang ada di Kabupaten Bekasi dan (3) Meningkat  Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Taruna  dalam penumbuh kembnagan kelompok perikanan.
Kegiatan TEFA dilaksanakan selama 15 hari dari tanggal 17 – 31 Maret 2015 dimana taruna-taruni STP Jurusan Penyuluhan Perikanan semester IV sejumlah 75 orang disebar di seluruh wilayah perikanan di Kabupaten Bekasi yaitu 12 kecamatan meliputi Kecamatan Muaragembong, Kecamatan Pebayuran, Kecamatan Babelan, Kecamatan Cikarang Pusat, Kecamatan Cibitung, Kecamatan Tambun Selatan, Kecamatan Sukatani, Kecamatan Karangbahagia, Kecamatan Serang Baru, Kecamatan Cikarang Barat, Kecamatan Cikarang Timur dan Kecamatan Cabangbungin.
Pada hari ini, Selasa 17 Maret 2015 dilakukan acara pelepasan taruna-taruni STP Jurusan Penyuluhan Perikanan semester IV sejumlah 75 oleh Ketua STP, Ketua Jurusan Penyuluhan Perikanan dan Dosen STP kepada Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi beserta seluruh jajarannya dan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4KP) Kabupaten Bekasi. Pelepasan taruna-taruni STP dilaksanakan di ruang pertemuan guest house Pemkab Bekasi yang dihadiri oleh civitas akademika STP, Jajaran Dinas Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi dan BP4KP Kaupaten Bekasi.
Pada acara pelepasan ini, Ketua STP Dr. Ir. I Nyoman Suyasa, MS menyampaikan ucapan terima kasih dan aprersiasi kepada Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan dan BP4KP Kabupaten Bekasi yang siap membantu dan mendukung pelaksanaan TEFA ini di Kabupaten Bekasi. Dalam arahannya juga, Dr. Ir. I Nyoman Suyasa, MS berpesan kepada taruna-taruni agar dapat menjadi angin segar bagi pengembangan kelompok pelaku utama perikanan di Kabupaten Bekasi dan dapat berbaur dengan mayarakat perikanan sesuai dengan norma dan aturan yang ada. Selain itu Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan, Ir.H.  Wahyudin Asmar menyampaikan dalam arahannya siap mendukung proses penyelenggaraan TEFA ini dan berharap agar kegiatan seperti ini dapat membantu dinas dalam mengembangkan kelompok pelaku utama perikanan yang ada di Kabupaten Bekasi. 
Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh taruna-taruni pada TEFA ini meliputi; (1) Identifikasi keberadaan kelompok, (2) Mengolah data hasil identifikasi, (3) Merencanakan kegiatan Pembinaan, (4) Melakukan Kegiatan Pembinaan (sesuai hasil identifikasi profil kelompok yang harus dilengkapi oleh taruna seperti Menyusun Profil Kelompok Binaan, melakukan penialaian/pengukuran kelas kelompok sesuai pedoman, Melakukan pengukuhan kelas kelompok), (5) Melakukan Seminar hasil Pembinaan di Tingkat Kecamatan dan (6) Presentasi Hasil Pembinaan Kelompok Tingkat Kabupaten. Dengan demikian Output Kegiatan TEFA berupa Laporan Profil kelompok sesuai borang dan diserahkan pada Dinas Peretnakan, Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi, BP4KP Kabupaten Bekasi, Dosen Pembimbing dan Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan.
 Sumber: http://www.stpbogor.bpsdmkp.kkp.go.id/news/2015/03/aksi-penyuluhan-taruna-melalui-teaching-factory-tefa
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2015. PENYULUH PERIKANAN STP JURUSAN PENYULUHAN PERIKANAN BOGOR
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger